Selasa, 22 Mei 2018

Rute dan Tips Bepergian Sendiri dari Bandar Lampung ke Kediri



Sudah baca tulisan-tulisanku sebelumnya tentang betapa hecticnya kalau kamu baru pertama kali bepergian sendirian ke luar kota? Dan karena aku nggak mau hal-hal itu juga terjadi ke kamu, aku bagikan rute dan tips yang semoga saja berguna untuk digunakan ya.

Simpang Lima Gumul
Credit Pic Merdeka.com
(Belum ada dokumen pribadi, karena belum sempat foto di sini)

Pertama, jika kamu akan ke Kediri saran bus yang harus diambil adalah Rosalia Indah. Karena menurut informasi dari Ibu-ibu yang aku temui ketika beli tiket bus waktu itu, hanya Rosalia Indah yang punya trayek Lampung-Kediri.  Langsung ke loketnya saja jangan ke Terminal Rajabasa!!

Beli tiket beberapa hari sebelum berangkat, untuk memastikan kamu kebagian kursi dan bisa memilih dapat tempat diinginkan. Oh iya, selain datang langsung ke loket Rosalia Indah di Way Halim kamu juga bisa memesannya di website Rosalia-indah.co.id. Untuk yang memutuskan pesan via online aku nggak tahu lebih lengkap tentang caranya. Coba dibaca saja caranya di website ya. Sepertinya untuk yang pesan online, setelahnya kamu tetap harus check in di loket sebelum berangkat.

Hal-hal yang Perlu Kamu Tahu 
  •  Loketnya di Way Halim di mananya? Cari saja di Gojek atau Google Maps kamu dengan memasukkan kata kunci Agen Rosalia Indah Way Halim. Lokasinya agak masuk ke dalam.
  • Harga tiket untuk sampai di Terminal Kediri adalah 445.000 rupiah (Mei 2018).  Setelah bayar, kamu akan ditanyai nama, kontak dan tujuan. Dicetakkan tiket sekaligus mendapat 4 kupon makan untuk digunakan di Restoran Rosalia Indah sepanjang perjalanan. Bisa pilih mau dalam bentuk nasi kotak atau prasmanan.
  • Setelah dapat tiketnya, lihat lagi dengan teliti sudah tertulis belum nomor busnya. Karena penting untuk nanti tahu bus kamu yang mana. Jika belum ada, tanya!!

Setelah dapat tiket, kamu tinggal tunggu hari dan jam keberangkatan. Biasanya waktu keberangkatan yang ditulis ditiket lebih awal dari bus datang. Karena keadaan di jalan yang serba tidak terduga, kadang macet, ada perbaikan jalan atau kecelakaan. Pastikan kamu berangkat dengan perut kenyang atau makan cemilan ketika menunggu bus datang.

  •  Pakai pakaian nyaman. Karena perjalanan lumayan jauh kurang lebih 20 jam. Pastikan pakaian kamu cukup tebal atau bawa jaket untuk digunakan karena AC di bus yang dingin, belum lagi hawa ketika malam dan pagi hari.  
  • Jika kamu mudah mual dan pusing selama perjalanan jangan lupa bawa obat-obatan yang biasanya kamu gunakan. Kalau aku waktu itu ampuh mengusir mual dengan Tolak Angin.
 
Cr. Pic Rosalia-indah.co,id

Saat menunggu bus datang, perhatikan baik-baik pengumuman dan nomor yang ada di bus. Karena tidak semua lokasi tujuan tertera di kepala Bus. Seperti aku kemarin, di kepala bus menuju Kediri tertulis Solo-Blitar.

Ketika bus dengan nomor yang sesuai datang, tunggu orang-orang yang mau turun keluar. Lalu naik dan duduk dikursi sesuai dengan yang tertulis ditiket. Akan dibagikan sebotol air mineral oleh petugas sekaligus memanggil nama-nama yang telah terdaftar untuk pergi dengan bus tersebut.
Selanjutnya kamu tinggal nikmati perjalanan. Kurang lebih 2 jam menuju Bakauheni. Naik kapal selama 2 jam  lalu melanjutkan perjalanan kembali dengan bus. Bus menuju Kediri kurang lebih berhenti sekitar 5 kali di Pulau Jawa. Mulai dari di Jawa Barat sampai nanti di Jawa timur. Di waktu-waktu itu kamu bisa makan dan ke kamar mandi.

  • Kalau untuk shalat, karena waktu itu aku sendirian dan takut tertinggal rombongan. Aku lebih memilih shalat di bus. Wudhunya di kamar mandi bus atau saat bus berhenti.
Taman Alun-alun Kediri

Memasuki kediri biasanya bus akan berhenti di PO Rosalia Indah di Kediri yang jaraknya lumayan jauh dengan terminal Kediri. Saat itu, aku memilih turun di PO Rosalia Indah karena ada seorang Ibu yang satu bus denganku juga memutuskan turun di sana.

  • Sebelum turun, jauh sebelum berangkat. Aku sudah cari tahu tentang ojek atau jasa antar orang di Kediri karena tahu kemungkinan besar akan tiba di sana malam hari. Jadi sebelum turun, aku sudah menghubungi pihak mereka. Kamu juga bisa cari tahu kontak mereka di google atau jika tidak mendapatkan kontaknya, tenang saja ojek konvensional insyaAllah masih tersedia untuk mengantar kamu ke tempat tujuan. Tapi harganya biasanya lebih mahal dari pada ojek pesanan via online.
Setelah mendapat ojek, ucapkan lokasi tujuan dan akhirnya kamu telah sampai. Nikmati momen kamu di sana ya.
  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar